DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
REALISASI PENERIMAAN NEGARA KPPBC TMP C CIREBON per 28 Februari 2021 : 1. Total Penerimaan Rp 56.296.467.200 (24,100%) 2. Penerimaan Bea Masuk Rp 1.224.289.000 (18,55%) 3. Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Rp 54.484.747.200 (24,00%) 4. Penerimaan Cukai Etil Alkohol Rp 80.000.000 5. Penerimaan Lainnya Rp 507.431.000
Berita

Bea Cukai Cirebon Asistensi Pengguna Jasa Soal Alur Dokumen dalam Kondisi Kahar

15 Juli 2021

CIREBON - Sebagai bentuk respon adanya permasalahan dengan aplikasi CEISA DJBC, Bea Cukai Cirebon memberikan asistensi terkait alur dokumen dalam kondisi kahar. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis (15/07/2021) secara daring dan dihadiri oleh para perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat serta perusaan penerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) di wilayah pengawasan Bea Cukai Cirebon.

 

Aplikasi CEISA atau Customs Excise Integrated System and Automation adalah sistem informasi kepabeanan dan cukai yang merupakan program khusus milik DJBC yang didalamnya terdiri dari berbagai aplikasi, yang digunakan untuk proses administrasi, pelayanan, pengawasan, dan hal yang terkait dengan tugas dan fungsi DJBC. Aplikasi ini merupakan penghubung antara pengguna jasa dengan Bea Cukai yang memungkinkan pelayanan berbagai kebutuhan Kepabeanan dan Cukai diselesaikan secara dengan mudah dan cepat secara online.

Terhitung sejak Jumat (09/07/2021) Kantor Pusat DJBC menyatakan kondisi kahar akibat adanya gangguan pada sistem aplikasi CEISA DJBC. Guna menjaga kelancaran arus dokumen dan barang, pelayanan kepabeanan dan cukai yang semula dilakukan melalui aplikasi CEISA saat ini harus dilakukan secara manual sampai dengan aplikasi CEISA kembali normal.

Dalam kesempatannya memberikan sambutan, Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, Encep Dudi Ginanjar menyampaikan permohonan maaf atas keadaan kahar CEISA sehingga alur dokumen harus berjalan secara manual. "Kami dan segenap jajaran kantor Bea Cukai memohon maaf atas kendala yang terjadi, semoga kondisi ini segera pulih dan aplikasi CEISA segera dapat digunakan kembali dengan optimal," ungkap Encep dalam sambutannya.

Selanjutnya, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis, Kuswanti Sri Setiorini menjelaskan alur dokumen dalam keadaan kahar di Bea Cukai Cirebon. Usai penyampaian materi tersebut, Bea Cirebon membuka sesi diskusi dan tanya jawab bagi para pengguna jasa.

Kondisi CEISA yang sedang bermasalah saat ini menjadi keprihatinan bersama. Namun, Direktorat Bea dan Cukai terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan mengupayakan perbaikan agar sistem aplikasi CEISA kembali normal. Dengan adanya kegiatan asistensi ini, diharapkan dapat menjaga koordinasi antara Bea Cukai Cirebon dengan para pengguna jasa sehingga tetap terjalin sinergi dalam menghadapi kondisi yang terjadi saat ini.


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT