DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Customs Visit, Pemeriksaan Stok Draft Tangki Etil Alkohol PSA Palimanan

30 Januari 2019

Palimanan - Jumat (25/01/2019), Bea dan Cukai Cirebon melaksanakan Customs Visit di Pabrik Etil Alkohol PT PSA Palimanan. Dalam kesempatan ini, rombongan Customs Visit Bea Cukai Cirebon dipimpin oleh Kepala Kantor, Bp. Agung Saptono dan diterima langsung oleh Manajer Operasi PT PSA Palimanan.

Kedatangan tim Customs Visit ini dimaksudkan untuk melakukan koordinasi terkait penerimaan Cukai, menggali potensi yang masih dapat dikembangkan serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi stakeholder untuk dapat diberikan solusi terbaik. Hal tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya Bea Cukai Cirebon menjaga hubungan baik dan kepercayaan dari para stakeholder.

Dalam audiensi dengan manajemen PT. PSA Palimanan diperoleh gambaran mengenai kondisi perusahaan penghasil Etil Alkohol tersebut. Saat ini PT. PSA Palimanan tengah mengalami kesulitan memperoleh bahan baku pembuatan etil alkohol berupa molase dari dalam negeri, karena semakin sedikitnya perkebunan tebu.

Manajer Produksi PT. PSA Palimanan menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan PT. PSA Palimanan akan melakukan impor molase dari negara-negara tetangga, misal dari Thailand guna mempertahankan volume produksinya. Hal lain yang disampaikan adalah adanya kemungkinan untuk mengajukan izin TPE EA, mengingat banyak pihak yang menjadi konsumen Etil Alkohol di wilayah Ciayumajakuning (Rumah Sakit, Apotik, Laboratorium, industri tertentu sebagai bahan penolong) yang membeli Etil Alkohol hasil produksi PT. PSA Palimanan justru melalui PT. Brataco di Bandung. Menanggapi hal tersebut, Bp. Agung Saptono menyampaikan agar segera dilakukan diskusi lebih lanjut untuk membahas hal ini.

Selain melaksanakan audiensi, tim Customs Visit Bea Cukai Cirebon berkesempatan memeriksa stock draft tangki etil alkohol PT. PSA Palimanan. Untuk diketahui bersama, pabrik ini merupakan produsen etil alkohol yang sudah berdiri sejak tahun 1883. Saat ini pabrik tersebut merupakan anak usaha dari PG Rajawali II di Cirebon yang menyumbang penerimaan negara yang cukup besar melalui cukai etil alkohol. (*)


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT