DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Talkshow Bea Cukai Cirebon: Bagaimana Monitoring Peredaran Liquid Vape di Ciayumajakuning?

13 November 2018

Cirebon - Senin (12/11/2018), Bea Cukai Cirebon kembali menyapa pendengar Radio Republik Indonesia (RRI). Kali ini, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis, Kuswanti Sri Setiorini, serta anggota tim Penyuluhan dan Layanan Informasi, Satrio Aji, ambil bagian sebagai narasumber.

Disiarkan langsung melalui kanal Pro 2 RRI Cirebon, Kuswanti dan Satrio membahas tentang monitoring peredaran vape dan liquid di wilayah Ciayumajakuning. Dalam pemaparannya, Kuswanti menjelaskan vape liquid dikenai tarif cukai senilai 57 persen dari harga jual eceran. 

Diungkapkannya lebih lanjut, pengenaan aturan tersebut mulai berlaku pada 01 Juli 2018. "Namun ada relaksasi dari pemerintah sampai dengan 1 Oktober 2018 untuk menyiapkan segala sesuatunya," ungkap Kuswanti.

Di sisi lain, Satrio menyatakan sudah ada penyuluhan terhadap pengusaha liquid vape berkaitan dengan peraturan pengenaan cukai tersebut. "Kami sudah melakukan sosialisasi dan pendekatan persuasif. Untuk pengawasannya, kami melakukan kunjungan secara mendadak terhadap pabrik atau brewer liquid vape untuk memantau peredarannya," ungkap Satrio.

Dalam kesempatan tersebut, Kuswanti dan Satrio juga membahas tentang isu terkini terkait liquid vape yang dikabarkan mengandung zat narkotika. "Terkait hal tersebut, Bea Cukai, BNN serta Polri akan terus bersinergi melakukan pengawasan. Kami akan menindaklanjuti bila ada laporan dari masyarakat," ungkap Kuswanti. (*)


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT