DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
REALISASI PENERIMAAN NEGARA KPPBC TMP C CIREBON 2023 : 1. Total Penerimaan Rp 660.232.562.000 (106,78%) 2. Penerimaan Bea Masuk Rp 19.790.005.000 (208,3%) 3. Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Rp 635.957.616 (104,77%) 4. Penerimaan Cukai Etil Alkohol Rp 1,539.646.000 (85,52%) 5. Penerimaan Cukai Lainnya Rp 2,945,295,000
Berita

Beri Pelayanan Prima, Bea Cukai Adakan CSC

08 Juni 2022

CIREBON - Sebagai institusi yang menyelenggarakan pelayanan publik, Bea Cukai Cirebon berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa. Pada Selasa (7/6), Bea Cukai Cirebon mengadakan kegiatan Client Service Charter (CSC) bertempat di aula Kantor Bea Cukai Cirebon.

Client Service Charter (CSC) adalah pelatihan mengenai penyelenggaraan pemberian layanan yang baik kepada para pengguna jasa. Pelatihan ini diikuti oleh para pegawai Bea Cukai Cirebon khususnya pegawai yang secara langsung bertugas di bagian pelayanan kepada pengguna jasa dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, Encep Dudi Ginajar, dalam sambutannya menyampaikan "Dalam agenda Kantor Bea Cukai Cirebon mendapatkan predikat WBBM, pelayanan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga kualitasnya," tuturnya. Beliau menyampaikan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik tidak hanya dilakukan oleh para pegawai saja, namun dilakukan juga oleh para PPNPN di Kantor Bea Cukai Cirebon. "Untuk itu, kita perlu bersinergi untuk selalu memberikan pelayanan prima," tutur Encep menambahkan.

Dalam kegiatan ini, dihadirkan narasumber yang telah tersertifikasi dalam bidangnya yaitu June Yuaninta Maria, Kepala Seksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Administrasi Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat. June mengawali pelatihan ini dengan pemberian pengauatan integritas kepada para pegawai dan PPNPN. June menekankan "Dalam memberikan pelayanan kepada stakeholders, kita harus selalau menjunjung tinggi integritas," tuturnya.

June menjelaskan "Keterampilan CSC sangat penting untuk dipahami oleh seluruh pegawai Bea Cukai Cirebon karena pada dasarnya instansi Bea Cukai menyelenggarakan pelayanan publik kepada masyarakat," ujarnya.

Pelayanan Publik adalah rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi masyarakat yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Selain untuk mewujudkan batasan dan hubungan yang jelas tentang tanggung jawab dan kewajiban antar pihak dalam penyelenggaraan pelayanan publik, pelayanan publik ini juga bertujuan untuk mewujudkan sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik.

Dalam kegiatan ini, dijelaskan mengenai etika berpakaian, berkomunikasi, dan juga standar-standar dalam pelayanan yang diterapkan pada Direktorat Jenderal Bea Cukai. Selain pembahasan materi, para pegawai juga diajak untuk melakukan simulasi pelayanan yang baik kepada para pengguna jasa. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Bea Cukai Cirebon.


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT